Resep ACAR KUNING MOM 'K2' Rumahan

ACAR KUNING MOM 'K2'. Ikan gurame dengan saus acar kuning nendang yang mudah dibuat dan pasti disuka semua. Kali ini saya akan membuat gurame acar kuning, resep ini dari Ibu saya yang suka memasaknya untuk keluarga. Biasanya Ibu saya menggunakan ikan laut seperti kembung, selar, tongkol, atau kakap.

ACAR KUNING MOM 'K2' Ikan goreng dengan acar kuning adalah resep yang muncul hanya pada saat yang istimewa. Bagaimana kalau kita bisa nikmati untuk sehari-hari? Video resep masakan ala boxresep kali ini ikan acar kuning. Kawan-kawan dapat memasak ACAR KUNING MOM 'K2' hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep ACAR KUNING MOM 'K2'!

Bahan ACAR KUNING MOM 'K2'

  1. Diperlukan BAHAN👇 sekitar .
  2. Siapkan Ketimun sekitar 1/2 kg.
  3. Diperlukan buncis sedikitnya 200 gram.
  4. Gunakan wortel buah juga 100 gram.
  5. Gunakan Cabe Rawit Utuh juga 10 buah.
  6. Diperlukan BUMBU HALUS👇 sedikitnya .
  7. Dibutuhkan Bawang Putih sekitar 1 buah.
  8. Sediakan kemiri sangrai cukup 5 buah.
  9. Diperlukan Kacang Tanah Sangrai atau Goreng sedikitnya 1/4.
  10. Dibutuhkan kunyit juga 2 ruas.
  11. Siapkan laos juga 2 ruas.
  12. Siapkan jahe sekitar 1 ruas.
  13. Gunakan sere juga 2 batang.
  14. Dibutuhkan cabe rawit merah sedikitnya 10.
  15. Gunakan BUMBU LAINNYA👇 cukup .
  16. Siapkan Daun Salam sedikitnya 2 lembar.
  17. Gunakan Daun Jeruk juga 3 lembar.
  18. Sediakan cuka atau sesuai selera juga 1 1/2 sdm.
  19. Diperlukan gula pasir juga 1 sdm.
  20. Sediakan garam juga 1 sdt.
  21. Diperlukan kaldu bubuk (optional) sekitar 1 sdm.

Resep ikan nila acar kuning atau resep ikan nila bumbu acar kuning timun wortel dan cara masak. Lihat juga resep Bawal Hitam acar kuning enak lainnya. Resep acar ini adalah acar timun wortel kuning matang karena proses sebelum mentimun, wortel dan bahan lainnya harus direbus terlebih dahulu sampai setengah Oh ya acar kuning ini banyak sekali kegunaannya selain bisa dimakan langsung juga bisa dibuat aneka kreasi olahan masakan lainnya. Praktis dan Cepat Resep Acar Kuning Timun Dan Wortel ini sangat mudah dan praktis dalam pembuatanya.

Kita mulai saja cara membuat ACAR KUNING MOM 'K2'

  1. Siapkan semua bahan, bersihkan dan cuci bahan yang perlu dicuci di bawah air mengalir.
  2. LANGKAH 1 Siapkan bahan sayurny • belah ketimun (tidak kupas kulit) pisahkan dari bijinya, iris seperti korek api • Setelah dikupas kulitnya dan dicuci, Wortel iris seperti korek api juga • Untuk buncis potong memanjang samakan dengan ketimun dan wortel.
  3. LANGKAH KE-2 Siapkan bumbu yang akan dihaluskan • Setelah dibersihkan dan dicuci, iris semua bumbu yang akan dihaluskan supaya mudah untuk dihaluskan • Kemudian haluskan dengan blender atau ulekan sisihkan diwadah • Lalu untuk kacangnya dihaluskan juga dengan ulekan atau blender (tekstur kasar atau sesuai selera).
  4. LANGKAH KE-3 untuk bahan sayurnya wortel dan buncis serta cabe rawit utuhnya sebelum dimasak, saya rebus terlebih dahulu setengah matang, sehingga ketika dicampur dengan bumbu dan ketimun warna tetap fresh dan tetap renyah • Siapkan panci, tuang air secukupnya untuk merebus sayur. Hidupkan kompor, masukan garam, dan masak air hingga mendidih, lalu masukan sayur wortel dan buncis setelah air mendidih kembali, matikan kompor, angkat sayur dan tiriskan.
  5. LANGKAH KE-5 • Siapkan Wajan, tuang minyak 5 sdm, hidupkan kompor • Setelah minyak panas masukan bumbu halus serta daun salam dan daun jeruk tumis hingga harum lalu masukan kacang dan 100 ml air bersama bumbu penyedapnya (gula, garam dan kaldu bubuk) tambahkan cuka..
  6. Biarkan hingga sedikit mengental lalu masukan ketimun aduk rata dengan bumbu tunggu 5menit • Kemudian masukkan wortel, buncis dan cabe utuh aduk rata sehingga tercampur rata. Chek rasanya bila kurang tambahkan bumbu penyedapnya sesuai selera.
  7. Matikan kompor TARA ACAR KUNINGNYA SIAP DISAJIKAN DAN DINIKMATI😃😉👌.

Acar kuning timun dan wortel ini sebaiknya dimasak sesaat sebelum disajikan sehingga masih segar. Udah coba ikan guramenya diolah pakai bumbu acar kuning? Taburi ikan gurame dengan garam dan kunyit sangrai, lalu diamkan sampai bumbu meresap. Bumbu kuning yang melengkapi akan membuat hidangan acar ini terasa lebih gurih. Cara membuat atau memasak acar wortel dan timun ini cukup praktis, anda tidak akan merasa kesulitan ketika di dapur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gulai Cubadak Minang enak terbaru

Resep Gulai/gangan Ayam Panggang Belitung yang mudah

Resep Es Brenebon (Es Kacang Merah) khas Manado sederhana dan enak