Resep Angeun kacang merah khas sunda Rumahan

Angeun kacang merah khas sunda. Angeun Haseum Kacang Beureum/Sayur Asem Kacang Merah Khas Sunda. Ini sayur kesukaan pak suami, klo udah masak ini makannya bisa nambah berkali. Sayur kacang merah merupakan salah satu jenis hidangan sayur yang memiliki cita rasa yang sangat khas seperti sedikit asam, gurih dan tentunya sangat enak serta berbahan dasar kacang merah.

Angeun kacang merah khas sunda Sayur ini begitu segar dan banyak dijual oleh warung. Makanan khas Sunda ini mempunyai rasa asam yang menyegarkan. Sayur asem sangat nikmat jika disajikan Selain kunyit, digunakan juga bahan lain seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, dan kemiri. Cara membuatnya pun tidak susah, kamu dapat menghidangkan Angeun kacang merah khas sunda hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin Angeun kacang merah khas sunda yuk!

Bahan Angeun kacang merah khas sunda

  1. Gunakan kacang merah sedikitnya 250 gram.
  2. Diperlukan air juga 1000 ml.
  3. Siapkan Bawang putih sekitar 2 Siung.
  4. Gunakan Bawang merah sekitar 5 Buah.
  5. Gunakan daun salam sekitar 3 lembar.
  6. Sediakan terasi sekitar 1/4.
  7. Diperlukan asam jawa sedikitnya 1 sdt.
  8. Sediakan kayu manis cukup 1 ruas.
  9. Siapkan Garam sedikitnya secukupnya.
  10. Gunakan Kaldu jamur juga secukupnya.
  11. Sediakan Gula merah cukup secukupnya.
  12. Dibutuhkan Daun bawang cukup secukupnya.
  13. Sediakan tomat untuk toping juga 1 buah.
  14. Gunakan lengkuas cukup 1 ruas.

Salah satu makanan khas Sunda yang mulai langka itu adalah angeun lompong. Jangan lupa untuk menyertakan sambal untuk menambah selera makan. Mmm. pasti sangat menyenangkan menu makan siang kali ini.! Angeun lada merupakan salah satu hidangan khas masyarakat Banten yang ternyata berakar dari masyarakat Angeun berarti sayur dan lada berarti pedas.

Langsung deh yuk cara membuat Angeun kacang merah khas sunda

  1. Rebus kacang merah dengan presto selama 5 menit (supaya kacang cepat empuk)..
  2. Setelah kacang di rebus dengan presto buang airnya. Ganti dengan air bersih dan rebus kembali dengan kayu manis, asam jawa, terasi, daun salam dan lengkuas (geprek)..
  3. Setelah mendidih, Masukan bawang putih dan merah yang telah di iris. Tambahkan garam, gula jawa, dan kaldu jamur..
  4. Koreksi rasa, dan pastikan kacang telah empuk. Tambahkan daun bawang, matikan api. Terakhir masukan tomat yang telah di potong potong. Sayur angeun kacang merah siap di hidangkan..

Bahan utama pembuatan kuliner khas Banten ini Untuk bumbu-bumbunya seperti halnya bawang merah, kemiri, bawang putih, kencur. Makanan Khas Sunda - Sunda menjadi salah satu suku mayoritas masyarakat Jawa barat. Suku ini memiliki kebudayaan yang sangat indah dan mempesona. Ternyata keindahan suku Sunda ini tidak hanya selesai di kebudayaannya saja, melainkan makanan Sunda yang terkenal enak dan juga. Resep Sup Kacang Merah Daging Lezat dan SpesialAnnisa Sarahayu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gulai Cubadak Minang enak terbaru

Resep Gulai/gangan Ayam Panggang Belitung yang mudah

Resep Es Brenebon (Es Kacang Merah) khas Manado sederhana dan enak