Resep Acar kuning ikan kembung sederhana dan enak

Acar kuning ikan kembung. Cara Membuat Acar Ikan Kembung: Setelah ikan didiamkan, silahkan panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng ikan hingga berkulit dan garing secara merata. Angkat ikan jika sudah matang dan tiriskan minyaknya terlebih dahulu sebelum kita masak dan buat bumbu acarnya. There is so many version of Ikan Acar Kuning (fish in yellow spicy and sour spices) recipe.

Acar kuning ikan kembung In her recipe, she used tenggiri (English: king mackerel), I also substituted the vinegar for fresh lime. Ikan kembung merupakan jenis ikan laut yang termasuk ke dalam ikan pelagis kecil, artinya mereka hidup dengan bergerombol untuk mempermudah dalam mencari makan dan agar terhindar dari predator. Ikan kembung banyak dijadikan sebagai pilihan ikan laut konsumsi oleh banyak orang. Teman-teman dapat memasak Acar kuning ikan kembung hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin Acar kuning ikan kembung yuk!

Bahan Acar kuning ikan kembung

  1. Sediakan ikan kembung juga 1/2 kg.
  2. Dibutuhkan buncis (iris sedang) sedikitnya 200 gr.
  3. Dibutuhkan wortel (potong korek api) sekitar 3 btg.
  4. Siapkan Cabe keriting (iris serong) cukup .
  5. Siapkan Bumbu halus : sekitar .
  6. Gunakan bawang merah juga 5 siung.
  7. Siapkan bawang putih sekitar 2 siung.
  8. Gunakan kemiri juga 2 btr.
  9. Diperlukan kunyit juga 5 cm.
  10. Diperlukan jahe juga 3 cm.
  11. Siapkan sere (geprek) juga 1 btg.
  12. Siapkan lengkuas (geprek) juga 5 cm.
  13. Sediakan daun salam juga 2 lbr.
  14. Sediakan daun jeruk (biar wangi, optional aja ya) cukup 3 lbr.
  15. Sediakan daun bawang cukup 1 btg.
  16. Siapkan Cabe rawit utuh sekitar 10-15 bh.
  17. Dibutuhkan bawang merah potong bagi 2 sekitar 6 siung.
  18. Siapkan Asam jawa secukup nya atau bisa asam kandis ya sedikitnya .
  19. Dibutuhkan Garam cukup .
  20. Dibutuhkan Penyedap jamur (totole) sekitar .

Acar kuning adalah salah satu jenis acar matang yang lezat. Selain sajian pelengkap, acar kuning ini juga cocok tersaji sebagai sayur atau berpadu dengan bahan lain, seperti ikan bandeng. Sebelum dimasak bersama bahan-bahan acar, ikan terlebih dulu digoreng hingga matang supaya nanti. Taburi ikan gurame dengan garam dan kunyit sangrai, lalu diamkan sampai bumbu meresap.

Ini Cara membuat Acar kuning ikan kembung

  1. Bumbui ikan dengan jeruk nipis dan garam ya, lalu di goreng dan sisihkan.
  2. Ulek bumbu halus tadi beri sedikit garam.
  3. Tumis bumbu halus masukan daun2an lengkuas, sere tunggu sambil aroma nya harum, setelah itu masukkan wortel dan air asam jawa sedikit ya, setelah wortel empuk masukan buncis, irisan batang daun bawang,irisan cabe keriting, bawang merah yg telah di potong, dan cabe rawit utuh beri sedikit air tunggu hingga bahan2 tadi mulai empuk.
  4. Setelah di rasa matang beri garam, penyedap jamur, dan terakhir masukan ikan kembung yang telah di goreng, koreksi rasa nya dlu baru matikan api kompor, selamat mencoba πŸ™πŸ₯°.

Tuangkan ke atas ikan gurame, sajikan dengan nasi hangat. Ikan goreng dengan acar kuning biasanya disajikan di momen istimewa. Kamu juga bisa membuat sendiri di rumah dan menghidangkannya malam ini. Ikan goreng dengan acar kuning adalah resep yang muncul hanya pada saat yang istimewa. Bagaimana kalau kita bisa nikmati untuk sehari-hari?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gulai Cubadak Minang enak terbaru

Resep Gulai/gangan Ayam Panggang Belitung yang mudah

Resep Es Brenebon (Es Kacang Merah) khas Manado sederhana dan enak