Resep Kuah lontong padang bunda boleh coba

Kuah lontong padang. Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai jenis sajian lontong, seperti lontong cap go meh, lontong sayur, dan lontong kari. Kali ini, lontong akan disajikan dengan sayur khas Padang. Dibandingkan dengan lontong sayur biasa, sajian ini berkuah lebih kental dan gurih, serta menggunakan lebih banyak bumbu rempah khas.

Kuah lontong padang Dalam sajian lontong sayur ini juga terdapat sambal lado merah, gulai nangka, sayur kacang, dan kerupuk berwarna merah jambu yang membuat rasanya lebih kaya dan memiliki beberapa dimensi tekstur. Biasanya, kita bisa memilih lauk tambahannya yakni berupa telur atau ayam gulai. Perbedaan Lontong Sayur Padang Dengan Lontong Sayur Lain-nya. Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat menyiapkan Kuah lontong padang hanya dengan menggunakan 22 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin Kuah lontong padang yuk!

Bahan-bahan Kuah lontong padang

  1. Diperlukan ayam potong (kalau ga mau pake ayam bisa diganti kaldu) cukup 300 gram.
  2. Sediakan nangka sekitar 300 gram.
  3. Sediakan kacang panjang cukup 3.
  4. Siapkan kubis cukup 150 gram.
  5. Gunakan telur rebus cukup 4 butir.
  6. Sediakan chili padi yang hijau haluskan (pas nyari2 resep ada yg bilang kalo hijau warna kuahnya lebih bagus) sekitar 4 butir.
  7. Gunakan cabe besar haluskan sekitar 6 butir.
  8. Diperlukan bawang merah haluskan sedikitnya 9 siung.
  9. Gunakan bawang putih haluskan cukup 4 siung.
  10. Siapkan kemiri haluskan (aku bakar dulu di atas api kompor) sedikitnya 2 butir.
  11. Diperlukan jahe iris sekitar 1 cm.
  12. Diperlukan lengkuas iris cukup 2 cm.
  13. Gunakan daun salam cukup 1.
  14. Diperlukan daun jeruk cukup 2.
  15. Gunakan serai di geprek sekitar 1.
  16. Dibutuhkan kunyit bubuk juga 3/4 sdt.
  17. Dibutuhkan asam juga 1 sdm.
  18. Siapkan gula merah atau secukupnya sedikitnya 1 sdm.
  19. Gunakan garam atau secukupnya juga 1 sdm.
  20. Siapkan merica cukup 1 sdt.
  21. Diperlukan santan segar sekitar 600 ml.
  22. Siapkan air atau secukupnya cukup 400 ml.

Berikut ini adalah ciri khas dari Lontong Sayur Padang yang sekaligus pembeda dengan lontong sayur khas dari daerah lain. Lontong sayur padang selalu identik dengan kuah santan yang kental dan pedas khas masakan minang. Kuah lontong sayur padang sendiri biasanya berisi campuran gulai nangka, kacang panjang, terkadang juga sayur buncis. Lontong sayur padang tidak akan lengkap tanpa sayuran ini.

Yok Kita Mulai memasak Kuah lontong padang

  1. Nangka direbus terpisah karena makan waktu agak lama untuk lembut. Rebus sampai setengah matang dan sisihkan..
  2. Masukkan minyak sedikit, tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan jahe, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk. Jangan lupa masukkan ayamnya. Tumis lagi sampe wangi nya keluar..
  3. Masukkan santan, air, gula, garam, asam. Cicipi rasanya. Sesekali mesti diaduk ya supaya santan nya tidak pecah. Terakhir baru masukin nangka yang uda setengah matang, kacang panjang dan kubis..

Jadi selain mengonsumsi lontong yang berasal dari beras, penikmat lontong sayur padang juga tetap mendapatkan makanan sayuran di atas. Ambil mangkok, isi dengan beberapa potong lontong, dan masukkan kuah sayur padang beserta isinya. Tambahkan bawang goreng dan juga kerupuk merah. Kalau ditinjau dari bahan bahan dan bumbu yang diterapkan untuk masakan padang lontong sayur ini, hampir sama dengan resep lontong sayur ala jawa. Misalnya lontong sayur dari padang yang memiliki kuah lebih kental dan tentu saja dengan citarasa yang sangat pedas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gulai Cubadak Minang enak terbaru

Resep Gulai/gangan Ayam Panggang Belitung yang mudah

Resep Es Brenebon (Es Kacang Merah) khas Manado sederhana dan enak