Resep Sop Senerek khas Magelang Rumahan

Sop Senerek khas Magelang. Saat dibukaa mata langsung tertuju dengan resepnya @mrstans yang Sop Senerek Khas Magelang. ini tidak asing bagi saya karena mama yang orang Magelang dulu sering banget buat sop ini. Kata Mama sayur ini bergizi banget dari si kacang merah dan tambah sedap kalau dikasih tetelan. KOMPAS.com - Sop senerek bukanlah sop biasa.

Sop Senerek khas Magelang Sop Senerek merupakan salah satu kuliner khas Magelang yang juga sering kamu temui di kota lain. Ciri khas kuliner ini adalah penggunaan kacang merah yang dipadukan dengan sayur-mayur, plus daging sapi ataupun tetelan. Berikut adalah rekomendasi sop senerek di. Cara membuatnya pun tidak susah, teman-teman dapat membuat Sop Senerek khas Magelang hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep Sop Senerek khas Magelang!

Bahan Sop Senerek khas Magelang

  1. Dibutuhkan daging sapi sedikitnya 250 gr.
  2. Gunakan kacang merah sedikitnya 100 gr.
  3. Diperlukan bayam, petiki daunnya sedikitnya 1 ikat.
  4. Sediakan wortel, kupas, potong2 sekitar 1 bh.
  5. Gunakan kentang (optional, tambahan dr sy), kupas, potong2 sedikitnya 1 bh.
  6. Sediakan daun bawang, iris tipis cukup 2 batang.
  7. Siapkan Bumbu : juga .
  8. Gunakan bawang putih, cincang halus sekitar 3 siung.
  9. Gunakan pala sekitar 1/2 sdt.
  10. Siapkan lada putih bubuk/merica juga 1/2 sdt.
  11. Gunakan cengkeh (sy skip) sedikitnya 2 bh.
  12. Dibutuhkan gula pasir cukup 1/2 sdt.
  13. Siapkan kaldu jamur sedikitnya 1 sdt.
  14. Dibutuhkan margarin utk menumis sekitar 1 sdm.
  15. Dibutuhkan garam juga secukupnya.

Sop senerek magelang, bagi pecinta makanan berkuah, sajian sop kacang merah ini patut dipertimbangkan. Sop senerek yang menjadi salah satu makanan khas Magelang satu ini sangat populer di era kolonial. Sayangnya, belakangan sudah tak banyak yang menjajakannya di di kota. Sop Senerek dan Sego Godhog khas Magelang.

Langsung deh yuk cara membuat Sop Senerek khas Magelang

  1. Siapkan bahan. kalau pakai kacang merah kering, rendam semalaman dulu ya. asumsi paginya baru dimasak, klo masak utk sore, berarti paginya mulai direndam. klo yg saya pakai ini kacang merah basah, jd tinggal rebus sebentar sudah empuk..
  2. Cuci bersih daging, iris2 sesuai selera. didihkan air, masukkan daging.rebus 10 mnt, utk menghilangkan sisa kotoran dan darahnya. matikan kompor, buang airnya. rebus kembali daging selama 15 mnt dg panci tertutup. matikan kompor dalam keadaan panci tetap TERTUTUP. diamkan 30 mnt..
  3. Rebus kacang merah sampai empuk, tiriskan. kacang merah direbus sendiri agar kuahnya nanti tdk keruh. rebus bayam, tiriskan..
  4. Lelehkan margarin, tumis bawang putih sampai harum. kemudian masukkan ke panci yg berisi daging td. masukkan jg wortel dan kentang yg sudah diiris. tunggu sampai mendidih dan empuk. tambahkan pala, lada putih bubuk, garam, gula, kacang merah. Aduk rata. koreksi rasa. terakhir masukkan daun bawang yg sudah diiris.aduk sebentar, matikan kompor..
  5. Sajikan dg tambahan bayam rebus, taburan bawang goreng, sambal dan lauk pendamping 💖.

COM - Traveler yang berada di Magelang, wajib untuk mencoba rekomendasi kuliner khas berikut ini. Di Magelang ada banyak kuliner khas yang dijajakan. Mulai dari sop senerek hingga sego godhog yang menggugah selera. Sup.atau dalam bahasa Jawa di sebut sop.adalah masakan berkuah yang terbuat dari kaldu daging, aneka sayur dll. Salah satu bahan sayur utama yang bisa di buat sup adalah kacang merah.salah satu sup berbahan utama kacang merah ini adalah sup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gulai Cubadak Minang enak terbaru

Resep Gulai/gangan Ayam Panggang Belitung yang mudah

Resep Es Brenebon (Es Kacang Merah) khas Manado sederhana dan enak