Resep Onde-Onde isi kacang merah Berkesan rumahan

Onde-Onde isi kacang merah. Cara Membuat Onde Onde Isi Kacang Merah. Memang membuat Resep Onde onde Kacang Hijau memang tidak terlalu sulit, makanya banyak sekali yang menjajakan kue berbentuk bulat dan dibaluk wijen ini. Yang jadi pertanyaan besar atau hal yang harus kita perhatikan adalah, apakah kue onde onde yang kta beli tidak menggunakan bahan.

Onde-Onde isi kacang merah Jajanan rakyat yang berbentuk bulat dan seluruh permukaan kulitnya yang Isi dari onde-onde tidak hanya terdiri dari kacang hijau saja. Saat ini kita juga bisa menemukan onde-onde dengan isian kumbu hitam, kacang merah, dll. Inilah tahapan cara membuat hidangan tersebut. Kawan-kawan dapat menghidangkan Onde-Onde isi kacang merah hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin Onde-Onde isi kacang merah yuk!

Bahan Onde-Onde isi kacang merah

  1. Diperlukan Bahan kulit sedikitnya .
  2. Diperlukan tepung ketan putih juga 250 gr.
  3. Siapkan tepung maizena juga 50 gr.
  4. Dibutuhkan gula pasir sedikitnya 5 sdm.
  5. Sediakan garam cukup 1 sdt.
  6. Sediakan air hangat sekitar 150 ml.
  7. Siapkan Kentang kukus dihaluskan sedikitnya 50 gr.
  8. Gunakan wijen cukup 100 gr.
  9. Sediakan Minyak goreng untuk menggoreng sedikitnya .
  10. Diperlukan Bahan isi sekitar .
  11. Siapkan kacang merah (rendam semalam) sedikitnya 100 gr.
  12. Dibutuhkan gula pasir sedikitnya 4 sdm.
  13. Dibutuhkan daun pandan simpulkan cukup 1.
  14. Diperlukan santan cukup 50 ml.
  15. Siapkan air hangat juga 50 ml.
  16. Dibutuhkan vanilli bubuk cukup 1/4 sdt.
  17. Gunakan garam sekitar 1/4 sdt.

Misalkan ada onde-onde ketawa, onde-onde isi kacang hijau, onde-onde isi kacang merah, onde-onde isi coklat, onde-onde isi keju, onde-onde isi gula merah dan lain sebagainya. Semuanya enak sekali untuk cemilan yang disandingan dengan segalas teh hangat. Onde Onde Pandan Kumbu Kacang Tolo. Onde onde selain memiliki isian kacang hijau juga bisa dikreasikan dengan bahan yang lain.

Langkah-langkah membuat Onde-Onde isi kacang merah

  1. Buat isi terlebih dahulu, rebus kacang merah yg sudah direndam semalaman, kira2 rebus 20menit, kemudian tiriskan tunggu hingga agak dingin kemudian blender dg santan yg dicampur air, boleh diblender atau menggunakan foodprocesor sesuaikan tingkat kehalusan kacang..
  2. Masak kacang merah halus, gula pasir, pandan, dan vanilli bubu masak hingga kalis. Matikan api tunggu dingin dan bulat2kan..
  3. Buat kulitnya, campur semua bahan kulit, tepung ketan putih, maizena, garam, gula, kentang kukus halus dan air sedikit demi sedikit uleni sampai kalis dan bisa dipulung.
  4. Ambil adonan kira2 30gr bulatkan kemudian pipihkan beri isi kacang merah bulatkan kembali (saat membulatkan adonan basahi tangan dg air) kemudian gulingkan ke dlm wijen, ulangi sampai adonan habis.
  5. Setelah adonan habis, siapkan minyak dg api kecil tunggu sampai minyak hangat, masukkan onde2 dan goreng jangan lupa dibolak balik terus agar matang merata, goreng hingga mengembang dan kecoklatan.
  6. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Letakkan ke piring saji siap untuk di nikmati. 😊.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep onde onde isi gula merah ini tergolong sedikit berbeda dengan onde onde pada umumnya. Salah satu variasi kue onde dengan isi "tausa" yakni semacam pasta kacang manis, biasanya kacang merah atau kacang hijau, yang dimasak dengan gula. Mengonsumsi kacang merah juga bisa mengendalikan tekanan darah Anda. Kacang merah kaya akan mineral seperti folat, kalsium, magnesium, dan kalium yang mampu menekan kadar homosistein dalam di dalam darah. Homosistein sendiri adalah salah satu zat pemicu penyakit jantung koroner.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gulai Cubadak Minang enak terbaru

Resep Gulai/gangan Ayam Panggang Belitung yang mudah

Resep Es Brenebon (Es Kacang Merah) khas Manado sederhana dan enak