Resep Ikan Masak Acar Kuning Mudah

Ikan Masak Acar Kuning. Tadi pagi ke pasar mau liat ikan yang segar-segar dan mutusin buat beli si mujair ini. Resep 'ikan acar kuning' paling teruji. Ikan goreng dengan acar kuning biasanya disajikan di momen istimewa.

Ikan Masak Acar Kuning Bagaimana kalau kita bisa nikmati untuk sehari-hari? Pertama-tama, anda bisa melakukannya dengan terlebih dahulu membersihkan ikan nila yang sudah dipersiapkan sebelum kita masak dan kita bumbui menjadi hidangan lezat yang begitu nikmat. Resep Masakan Rumahan Ikan Masak Acar Kuning, Kuahnya Bikin Nagih. Sobat dapat menghidangkan Ikan Masak Acar Kuning hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep Ikan Masak Acar Kuning!

Bahan Ikan Masak Acar Kuning

  1. Diperlukan Ikan (berat kira" 500gr) sedikitnya 1 ekor.
  2. Sediakan Jeruk nipis (1/4 nya untuk dilumurkan ke ikan) sedikitnya 2 btr.
  3. Siapkan Sereh geprek cukup 1.
  4. Gunakan Daun salam cukup 2 lbr.
  5. Sediakan Daun jeruk sedikitnya 2 lbr.
  6. Siapkan Mentimun (buang bijinya, potong korek) cukup 2 buah.
  7. Sediakan Wortel, potong korek cukup 2 buah.
  8. Sediakan Cabe rawit utuh (sesuai selera) sedikitnya .
  9. Dibutuhkan Cuka juga 1 sdm.
  10. Dibutuhkan Lada, Garam, Gula sedikitnya .
  11. Gunakan Minyak untuk menumis sedikitnya .
  12. Diperlukan Air sedikitnya .
  13. Siapkan Bumbu halus : sekitar .
  14. Diperlukan Bawang merah sedikitnya 6 siung.
  15. Gunakan Bawang putih sedikitnya 4 siung.
  16. Gunakan Kemiri (sangrai dulu) juga 4 btr.
  17. Gunakan Kunyit (bakar dulu) sekitar 1 ruas.

Bingung mau masak apa hari ini? Taburi ikan gurame dengan garam dan kunyit sangrai, lalu diamkan sampai bumbu meresap. Tuangkan ke atas ikan gurame, sajikan dengan nasi hangat. Ikan acar kuning (Foto : Instagram/@berbagiresep).

Yok Kita Mulai memasak Ikan Masak Acar Kuning

  1. Bersihkan ikan terlebih dahulu (buang sisik dan isi perut), kemudian lumuri ikan dg air jeruk nipis. Biarkan 15 menit, cuci bersih dan bumbuin dengan garam, merica bubuk. Tunggu sekitar 10 menitan, lalu goreng dengan api sedang sampai kuning keemasan, angkat dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus dengan minyak secukupnya, masukkan sereh, daun salam dan daun jeruk. Tumis sampai harum.
  3. Masukkan potongan wortel,cabe rawit utuh, air secukupnya, aduk rata. Setelah mendidih masukkan potongan mentimun, garam, gula, cuka, air jeruk nipis, merica bubuk, aduk rata. Test rasa. Angkat & siram ke atas ikan.

Masukan acar ,lalu terakhir masukan ikan yang sudah digoreng sampai terendam bumbu. Masak sampai air menyusut ,jangan sampai kering. (kalau aku lebih suka airnya tidak sampai kering). Video resep masak ikan acar kuning untuk ikan yang digunakan yaitu ikan mas dan ikan mujair bagi yang tidak suka jenis ikan ini. Acar kuning adalah salah satu jenis acar matang yang lezat. Selain sajian pelengkap, acar kuning ini juga cocok tersaji sebagai sayur atau berpadu dengan bahan lain, seperti ikan bandeng.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gulai Cubadak Minang enak terbaru

Resep Gulai/gangan Ayam Panggang Belitung yang mudah

Resep Es Brenebon (Es Kacang Merah) khas Manado sederhana dan enak