Resep Sayur asem kacang merah Rasa enak dan sederhana

Sayur asem kacang merah. Kali ini yzmalicious sharing salah satu olahan kacang merah! Dibikin Sayur Asem enak banget seger & nyehatin. Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem.

Sayur asem kacang merah Kuah gurih yang berasal dari komposisi bumbu serta rempah akan menjadikan hidangan sayur asem kacang merah ini menjadi lebih enak dan lezat. Orang Sunda mana suaranyaa? 😁 Ini nihh sayur khas tanah priangan. Buat orang Sunda pasti ga asing sama sayur satu ini, Sayur Kacang Merah. Kalian dapat membuat Sayur asem kacang merah hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep Sayur asem kacang merah!

Bahan Sayur asem kacang merah

  1. Dibutuhkan air cukup 1500 ml.
  2. Sediakan air panas (dimasukan bertahap) sekitar 1000 ml.
  3. Dibutuhkan kacang merah sedikitnya 250 gram.
  4. Diperlukan bawang merah sedikitnya 3 siung.
  5. Diperlukan cabe merah keriting cukup 4 buah.
  6. Dibutuhkan lengkuas cukup 2 ruas jari.
  7. Sediakan daun salam cukup 3 lembar.
  8. Gunakan daun bawang sedikitnya 2 batang.
  9. Dibutuhkan lebih sedikit asam sekitar 1 sdt.
  10. Dibutuhkan gula merah (dr ukuran bulat kecil) cukup 3/4.
  11. Gunakan bumbu sayur asem juga 1/2 bungkus.
  12. Sediakan garam sedikitnya 1 sdt.
  13. Siapkan gula pasir sedikitnya 1 sdt.

Rasanya gurih, asem dan manis cocok banget dimakan bareng ikan asin atau goreng tempe. Sayur Asem bisa jadi salah satu menu favorit di rumah. Kali ini yuk bikin sayur asem dengan kacang merah di dalamnya. Rasanya makin endeus dengan memakai kaldu sapi dan tetelan juga sehingga lebih terasa gurih Langsung coba yuk untuk menu sahur sekeluarga!

Cara membuat Sayur asem kacang merah

  1. Cuci bersih kacang merah sisihkan.
  2. Masak 1500 ml air sampai mendidih.
  3. Siapkan bumbu, iris bawang, cabe dan lengkuas, masukan ke air mendidih, masak 1 menit.
  4. Kemudian masukan kacang merah ya, tutup ya masak 1 jam, kemudian tambahkan air panas 500 ml dan masukkan asem, gula merah dan bumbu sayur asem, tutup kembali masak 1/2 jam.
  5. Kemudian tambahkan kembali 500ml air panas, masukan garam dan gula pasir, koreksi rasa, tutup kembali masak 1/2 jam lagi.
  6. Di 5 menit terakhir masukan daun bawang ya, matikan kompor, angkat dan sajikan.
  7. Selamat mencoba ❤️.

Jika sayur asem yang Anda masak biasanya tidak pakai kangkung, kali ini Anda patut mencobanya. Kangkung bukan hanya bisa dimasak tumis atau dibuat cah, tetapi juga dapat menjadi bahan utama dalam Masukkan kangkung, tomat, dan kacang merah secara bersamaan. Masak hingga matang. sayur asem kacang merah seperti ini sangat pas dinikmati dengan nasi putih hangat dan pepes ikan yang menjadi pelengkapnya. Kalau sayur asem Sunda, berarti sama dengan sayur asem Jawa Barat donk. Yupz betul, ada sayur asem Sunda yang kesegarannya langsung bisa Eh ternyata bisa juga lho kamu pakai resep sayur asem kacang merah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gulai Cubadak Minang enak terbaru

Resep Gulai/gangan Ayam Panggang Belitung yang mudah

Resep Es Brenebon (Es Kacang Merah) khas Manado sederhana dan enak