Resep Sop kacang merah (senerek) sederhana tidak ribet pasti enak

Sop kacang merah (senerek) sederhana. Sop kacang merah tulang iga bumbu minimalis. Bisa dikonsumsi tanpa nasi karena sudah cukup lengkap kandungan gizinya, disajikan hangat lengkap dg sambal tomat dadakan. Yang khas dari sop senerek ini adalah kacang merah paling dominan dan menyumbul memenuhi mangkuk.

Sop kacang merah (senerek) sederhana Sop senerek magelang, bagi pecinta makanan berkuah, sajian sop kacang merah ini patut dipertimbangkan. Sop senerek yang menjadi salah satu makanan khas Magelang satu ini sangat populer di era kolonial. Sayangnya, belakangan sudah tak banyak yang menjajakannya di di kota. Cara membuatnya pun tidak sulit, kamu dapat menghidangkan Sop kacang merah (senerek) sederhana hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin Sop kacang merah (senerek) sederhana yuk!

Bahan-bahan Sop kacang merah (senerek) sederhana

  1. Gunakan tulang sapi juga 250 gr.
  2. Dibutuhkan wortel uk sedang juga 4 bh.
  3. Diperlukan kacang merah kering cukup 200 gr.
  4. Diperlukan Daun bawang dan sledri juga .
  5. Dibutuhkan Bawang goreng sedikitnya .
  6. Gunakan Bumbu halus sekitar .
  7. Sediakan bawang putih cukup 5 siung.
  8. Gunakan merica (bisa merica bubuk) sedikitnya 1/4 sdt.
  9. Gunakan Bumbu cemplung sedikitnya .
  10. Gunakan pala juga 1/2 butir.
  11. Sediakan cengkeh cukup 5 buah.

KOMPAS.com - Sop senerek bukanlah sop biasa. Kuliner khas Magelang ini identik dengan isian melimpah seperti kacang merah, bayam, wortel, seledri, daun bawang. Senerek atau yang dikenal juga dengan kacang merah juga bisa dipadukan dengan olahan daging. Sajian sop daging memang sangat bervariasi, mulai dari yang sederhana hingga yang cukup komplit.

Yok Kita Mulai memasak Sop kacang merah (senerek) sederhana

  1. Rebus tulang sapi beserta kacang merah. Jangan lupa buang air rebusan pertama. Biar tampilan kuahnya agak bening. Rebus sampai kacang merah sedikit lunak..
  2. Masukkan bumbu halus yang udah dihaluskan ke rebusan tulang dan kacang merah tadi. Bumbu halus bisa dioseng dulu pake minyak. Tapi karena aku udah pake daging yang agak berlemak jadi bumbu aku cemplungin aja..
  3. Masukkan juga bumbu cemplung Dan wortelnya. Koreksi rasa. Jangan lupa tambahkan garam atau kaldu bubuk (optional).
  4. Jika dirasa kacang sudah empuk dan bumbu meresap. Masukkan bawang goreng, sledri dan daun bawang biar tambah sedep. Siap dihidangkan deh..
  5. Enaknya dimakan anget anget..

Namun tentu saja, semua resep sop daging tersebut bisa. Sop senerek di sini memiliki cita rasa yang begitu segar dan nikmat. Satu porsinya berisi irisan daging, wortel, bayam, serta kacang merah yang empuk. Selanjutnya ada Sop Senerek Bu Atmo yang masuk dalam jajaran kuliner legendaris Magelang. Pasalnya, tempat ini telah dirintis sejak tahun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gulai Cubadak Minang enak terbaru

Resep Gulai/gangan Ayam Panggang Belitung yang mudah

Resep Es Brenebon (Es Kacang Merah) khas Manado sederhana dan enak