Resep Gulai nangka khas Mandailing untuk pemula

Gulai nangka khas Mandailing. Gule Bulung Gadung merupakan salah satu makanan khas Mandailing Natal. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Gule artinya gulai sedangkan Bulung Gadung. Resep Gulai Nangka Padang - Suka makan gulai nangka di nasi kapau atau nasi rames khas Minang?

Gulai nangka khas Mandailing Rasanya yang enak akan setiap saat memanjakan lidah anda dan kuah gurih yang melengkapinya akan membuat anda ketagihan. Dengan adanya gula nangka di meja makan. Yuk, sajikan resep gulai nangka udang sebagai menu sayuran untuk berbuka! Kalian dapat memasak Gulai nangka khas Mandailing hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep Gulai nangka khas Mandailing!

Bahan-bahan Gulai nangka khas Mandailing

  1. Dibutuhkan nangka sekitar 1 kg.
  2. Siapkan dagimg tetelan cukup 250 gr.
  3. Sediakan santan sedikitnya 5 liter.
  4. Siapkan lengkuas sekitar 100 gr.
  5. Dibutuhkan jahe sedikitnya 50 gr.
  6. Sediakan cabai merah sedikitnya 150 gr.
  7. Dibutuhkan bawang merah juga 8 buah.
  8. Diperlukan bawang putih juga 3 buah.
  9. Dibutuhkan kunyit sedikitnya 1 ruas telunjuk.
  10. Gunakan jintan juga 1 sdt.
  11. Sediakan kemiri sedikitnya 5 btr.
  12. Sediakan Garam gula menyesuaikan cukup .
  13. Siapkan daun salam sedikitnya 3 lembar.
  14. Sediakan daun jeruk sedikitnya 5 lbr.
  15. Sediakan tomat cukup 1 buah.
  16. Siapkan sereh cukup 2 batang.

Padukan dengan nasi putih atau ketupat, keduanya tetap mantap. Resep Gulai Nangka Udang untuk Menyambut Ramadan. Cara Membuat Gulai Nangka Khas Padang : kupas kulit nangka kemudian dipotong-potong dan dicuci dengan air sampai benar-benarbersih. setelah dicuci bersih, rebus nangka dalam air yang mendidih sampai empuk, angkat lalu tiriskan. rebus santan encer bersama bumbu. Gulai cubadak alias gulai nangka memang termasuk makanan yang harus ada di menu warung atau rumah makan Padang.

Ini Cara membuat Gulai nangka khas Mandailing

  1. Haluskan cabai. Bawang. Jahe. Kemiri dan kunyit. Lalu tumis.
  2. Tambahkan sereh, lengkuas, daun jeruk dan salam. Masah hingga harum. Masukkan daging tetelan dan nangka. Tutup dengan api sedang sampai empuk..
  3. Panaskan santan aduk jangan sampai pecah.
  4. Masukkan tumisan nangka yang telah setengah matang kedalam santan yang telah dipanaskan. Tambahkan jintan, garam, gula..
  5. Masak sampai daging empuk dan matang. Masukkan tomat masak hingga tomat mayang. Sajikan dengan taburan bawang goreng..

Warna kuahnya pun lebih kuning berkat campuran kunyit. Ingin menyajikan gulai nangka muda khas Padang untuk santapan keluarga besok? Gulai merupakan masakan khas Padang jadi favorit banyak orang. Dibuat dari rempah-rempah yang lengkap, gak heran kalau rasanya begitu nikmat. Mungkin gulai sering dikaitkan dengan daging sapi atau kambing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gulai Cubadak Minang enak terbaru

Resep Gulai/gangan Ayam Panggang Belitung yang mudah

Resep Es Brenebon (Es Kacang Merah) khas Manado sederhana dan enak